Jumat, 23 September 2016

Selamat pagi sobat.
Kali ini saya akan bahas mengenai istilah - istilah yang ada dalam bahasa pemrograman Java. Seperti judul di atas, kita akan membahas tentang apa saja perbedaan dari Java EE, Java ME dan Java SE.
Mungkin yang baru belajar bahasa pemrograman Java, istilah - istilah seperti di atas mungkin belum mengerti, maka dari itu di sini akan kita bahas sedikit demi sedikit dan rinci.
  1. Java SE, bisa disebut dengan Java Standard Edition. Java SE adalah paket Java standard yang biasa digunakkan untuk membuat program - program sederhana seperti pemrograman Java console, Java GUI (Swing, AWT). Paket Java SE ini berisi pustaka - pustaka Java (Java Libraries) seperti java.io, java.swing, java.awt, java.lang dan lain-lain.
  2. Java EE, atau Java Enterprise Edition. Paket ini merupakan paket terlengkap dari Java yaitu bisa memeiliki library yang sangat lengkap, biasanya paket ini digunakkan untuk membuat program dengan tingkat enterprise. Seperti Java Beans, Servlets, JSP dan lain - lain. Tapi di dalam paket ini tetap memasukkan pustaka standard yang ada dalam paket Java SE.
  3. Java ME, biasa disebut Java Mico Edition. Seperti dengan namanya yaitu micro, paket ini biasanya terdapat pada perangkat mobile device yang memiliki resource hardware terbatas. Banyak ditemui di handphone - handphone jadul. Biasanya Java ME ini untuk membuat program kecil seperti Java game, browser, GPS, IM dan lain - lain.
Nah gimana soba, udah ngerti semua apa perbedaan dari masing - masing paket seperti yang dijelaskana di atas ?
Kemarin ada teman yang sempat bertanya, untuk belajar bahasa Java dia harus pakai Java SE atau EE ?
Nah otomatis harus pakai SE ya, soalnya itu standard untuk belajar dan semua paket standard akan dipelajari dalam paket SE.
OK sekian post kali ini.
Mungkin ada yang ditanyakan ?
Silahkan ditanyakan di kolom komentar di bawah sini.
sumber : 
Next
Posting Lebih Baru
Previous
This is the last post.

0 komentar:

Posting Komentar